KONSTRUKSI EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

ImageI. PENDAHULUAN

Pendidikan Islam seringkali dikesankan sebagai pendidikan yang tradisional dan konservatif. Hal itu wajar karena orang memandang bahwa kegiatan pendidikan Islam dihinggapi oleh lemahnya penggunaan metodologis pembelajaran yang cenderung tidak menarik perhatian dan memberdayakan. Jika problem tersebut tidak segera ditanggapi secara serius dan berkelanjutan, maka peran pendidikan Islam akan kehilangan daya tariknya.

Menurut pengamatan Amin Abdullah (1998), bahwa kebanyakan pendidikan Islam masih menggunakan pola konvensional-tradisional, tidak saja yang terjadi dilembaga pendidikan non formal seperti pondok pesantren dan madrasah diniyah, akan tetapi juga di sekolah Islam, madrasah dan perguruan tinggi. Oleh karena itu harus dicari terobosan baru dan inovasi yang relevan dengan zaman, sehingga isi dan metodologi pendidikan Islam menjadi aktual-kontekstual. Dengan demikian, pelaksanaan pendidikan Islam akan relevan dan sesuai dengan gerak perubahan dan tuntutan zaman.

Kajian epistemologis dalam wilayah keilmuan apapun tidak bisa dihindarkan dari mempersoalkan konstruksi cara berfikir dan mentalitas keilmuan. Sedang cara berfikir itu, dipengaruhi oleh gerak perubahan zaman yang melingkarinya serta corak tantangan kehidupan yang dihadapi oleh setiap generasi. Secara historis pendidikan Islam memiliki pengalaman dan budaya yang sebetulnya itu menjadi nilai berharga untuk menata kembali gerak dan dinamika pendidikan Islam yang berkualitas.

Konstruksi epistemologis yang bergerak inilah yang membutuhkan corak pemikiran dan mentalitas yang kreatif, inovatif–positif seperti yang diisyaratkan Fazlur Rahman. Sehingga secara aktif konstruktif akan selalu berupaya dan berusaha membangun kerangka metodologis baru, karena tidak puas dengan anomali-anomali yang melekat pada kerangka metodologis yang selama ini telah berjalan secara konvensional–tradisional. [1]

II.     PEMBAHASAN

a. Pengertian, ruang lingkup, dan objek kajian Epistemologi

Dalam pembahasan filsafat, epistemologi dikenal sebagai sub system dari filsafat bersama ontologi dan aksiologi. Epistemologi merupakan teori pengetahuan, yakni membahas tentang bagaimana cara mendapat pengetahuam dari objek yang ingin dipikirkan. Setiap jenis pengetahuan selalu mempunyai cirri-ciri yang spesifik mengenai apa (ontologi), bagaimana (epistemologi), dan untuk apa (aksiologi) pengetahuan itu disusun. Ketiga landasan ini saling berkaitan, dan tidak mungkin bahasan epistemologi terlepas sama sekali dari intologi dan aksiologi. Namun demikian, ketika kita membicarakan epistemologi di sini, berarti kita sedang menekankan bahasan tentang upaya, cara atau langkah-langkah untuk mendapatkan pengetahuan. Berikut ini adalah pengertian epistemology menurut para ahli:

a)    Menurut D.W.Hamlyn epistemologi merupakan cabang filsafat yang berurusan dengan hakekat dan ruang lingkup pengetahuan, dasar, dan pengandai-andaiannya serta secara umum hal itu dapat diandalkannya sebagai penegasan bahwa orang memiliki pengetahuan.

b)   Menurut Dagobert D. Runes mendefinisikan epistemologi sebagai cabang filsafat yang  membahas sumber, struktur, metode-metode dan validitas pengetahuan.

c)    Menurut Azyrumardi Azra, epistemologi merupakan ilmu yang membahas tentang keaslian, pengertian, struktur, metode, dan aliditas ilmu pengetahuan.

Adapun ruang lingkup epistemologi menurut M. Arifin, meliputi hakikat, sumber, dan validitas pengetahuan.[2]

Dalam filsafat terdapat dua jenis objek, yakni objek material dan forma. Objek material adalah sarwa –yang ada, yang secara garis besar meliputi hakekat Tuhan, hakekat alam, dan hakekat manusia. Sedangkan objek forma adalah usaha mencari keterangan secara radikal tentang objek material filsafat. Lebih khusus lagi, objek material pendidikan adalah manusia sedangkan objek formanya adalah persoalan-persoalan kemampuan manusia. Menurut Jujun S. Suriasumantri, objek epistemologi berupa segenap proses yang terlibat dalam usaha kita untuk memperoleh pengetahuan.

 b. Pendidikan Agama Islam

Pendidikan menurut Hasan Basri merupakan proses pembinaan manusia secara jasmaniah dan rohaniah. Adapun hakikat pendidikan agama Islam dapat diartikan secara praktis sebagai pengajaran al-Qur’an dan Hadits. Secara spesifik M.Arifin menambahkan bahwa pendidikan Islam adalah bimbingan terhadap pertumbuhan jasmani dan rohani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengajarkan, mengarahkan, melatih, mengasuh dan mengawasi berlakunya semua ajaran Islam.[3]

Adapun objek formal pendidikan agama Islam sebagaimana pendidikan lainnya, yakni manusia, atau lebih spesifiknya muslim. Adapun objek materialnya meliputi semua persoalan pengalaman keagamaan manusia. Dalam hal ini, materi PAI meliputi: Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI.

Menurut Hasan Basri, epistemologi pendidikan Islam merupakan seluk-beluk dari sumber-sumber pendidikan Islam sebagaimana telah ditegaskan bahwa al-Qur’an adalah segala sumber hukum dalam ajaran Islam. Pendidikan Islam merujuk pada nilai-nilai al-Qur’an yang universal dan abadi. Al-qur’an selain sebagai sumber hukum, juga digunakan sebagai penentu validitas suatu kebenaran.[4] Di samping al-Qur’an, pendidikan Islam juga menggunakan sumber kebenaran lainnya yaitu as-Sunnah, atsar dan ijma’ sahabat, dan ijtihad ulama.[5]

Membicarakan epistemology, tidak bisa terlepas dari metode. Metode pendidikan Islam dalam hal ini membahas hakikat cara-cara kerja dalam menyusun ilmu pendidikan Islam. Di antara metode yang digunakan dalam menyusun ilmu pendidikan Islam, dengan merujuk pada sumber utama (al-Qur’an) di antaranya dengan metodologi hermeneutik. Hermeneutik adalah kiat untuk memahami teks-teks keagamaan dalam pencarian melalui pencarian makna dari susunan kalimat, konteks budaya, tafsir transendensi dan yang lainnya. Menurut Noeng Muhadjir, konsep teoritiknya berangkat dari linguistik, narasi bahasa, historis, hukum, etika dan lain-lain.[6]

Al-Quran yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan Islam perlu untuk diinterpretasikan dalam pencarian kebenaran kontekstual. Dalam hermeneutik, Arkoun membagi model-model teks menjadi dua, yaitu teks pembentuk (naskah al-Qur’an), dan teks penjelas/hermeneutik (literatur-literatur yang memberikan interpretasi dan penjelasan terhadap teks pembentuk yang dimunculkan oleh para pemikir Islam sejak empat abad pertama hijriah hingga sekarang termasuk juga hadits Nabi SAW).[7]

c. Pendidikan Agama Islam menurut epistemologi barat

Menurut Stanley M. Honer dan Thomas C. Hunt, ada tiga metode dalam mencari pengetahuan, yaitu rasionalisme, empirisme dan metode keilmuan.

1)   Rasionalisme

Kaum rasionalisme mulai dengan suatu pernyataan yang sudah pasti. Aksioma dasar yang dipakai membangun system pemikirannya diturunkan dari idea yang menurut anggapannya adalah jelas, tegas, dan pasti dalam pikiran manusia.

Descartes, salah satu penganut paham rasionalisme menganggap bahwa pengetahuan memang dihasilkan oleh indera, tetapi karena dia mengakui bahwa indera itu bisa menyesatkan (seperti mimpi atau khayalan), sehingga ia membuat kesimpulan bahwa data keinderaan tidak bisa diandalkan [8]

Descartes juga mengenalkan pendekatan skeptisisme (kesangsian) dalam mencari pengetahuan. Sikap keraguan terhadap sesuatu dapat memotivasi timbulnya koreksi serta berkesinambungan terhadap persoalan-persoalan yang belum jelas kebenarannya. Selain itu sikap keraguan juga mendorong seseorang untuk keluar dari keraguan sampai pada titik kemantapan (kebenaran).[9]

2)   Empirisme

Kaum empirisme berpendapat bahwa pengetahuan manusia dapat diperoleh lewat pengalaman. Pengalaman inderawi disamping dapat memainkan perannya sebagai metode yang disebut metode empiris, juga memainkan perannya sebagai penentu validitas pengetahuan. Menurut empirisme, peran akal hanya mengkombinasikan pengalaman sehingga terbentuk pengetahuan.

Metode untuk mendapatkan pengalaman yang inheren adalah dengan penalaran induksi, yaitu proses penalaran yang bertolak dari kasus-kasus khusus untuk ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil pengetahuan yang diperoleh melalui induksi ini adalah ilmu aposteriori, yakni pengetahuan hasil pengamatan.

3)   Metode keilmuan

Metode ini merupakan jalan tengah dari kedua aliran di atas dalam mencari pengetahuan dan menguji kebenarannya. Metode ini dikembangkan kaum positivis, yang menghasilkan metode ilmiah dengan norma metodologis sebagai berikut:

  1. Semua pengetahuan harus terbukti lewat rasa kepastian, pengamatan sistematis yang terjamin secara intersubjektif
  2. Kepastian metode sama pentingnya dengan rasa kepastian.
  3. Ketepatan pengetahuan dijamin oleh bangunan teori secara formal kokoh mengikuti deduksi hipotesis-hipotesis yang menyerupai hokum
  4. Pengetahuan harus dapat dipergunakan secara teknis
  5. Pengetahuan pada prinsipnya tidak pernah selesai dan bersifat relatif.

M.Solly Lubis, menyatakan bahwa dasar pengetahuan ada beberapa macam, yaitu wahyu, intuisi, dan penalaran (cirinya adalah logis dan analisis). Menurutnya, wahyu dan intuisi termasuk dasar pengetahuan yang non analitis. Melalui wahyu yang disampaikan Tuhan kepada para utusan-Nya dengan perantaraan malaikat dan diteruskan kepada umat manusia, sehingga mereka memperoleh pengetahuan melalui keyakinan dan kepercayaan bahwa apa yang diwahyukan itu adalah suatu kebenaran. Demikian juga intuisi menjadi dasar pengetahuan, meskipun tidak mempunyai logika dan pola pikir tertentu.

Dalam hal ini, M.Solly Lubis kembali menjelaskan bahwa seseorang harus bisa membedakan antara kebenaran ilmu atau filsafat dengan kebenaran agama. Berbeda dengan ilmu, agama juga mempermasalahkan objek-objek diluar pengalaman manusia, baik sebelum manusia berada di bumi maupun sesudah kematiannya. Perbedaan lingkup permasalahannya juga menyebabkan berbedanya metode dalam memecahkan masalah. Hal ini harus diketahui dengan benar agar mampu menempatkan keduanya dalam perspektif yang sungguh-sungguh. Dengan menguasai hakikat ilmu dan dengan secara baik, maka kedua pengetahuan tersebut justru akan bersifat saling melengkapi (komplementaristis).[10]

Jadi, pendidikan agama Islam selain mendasarkan pengetahuannya pada akal (rasionalisme) dan indera (empirisme), juga menggunakan hati (intuisi) dan wahyu sebagai sumber non-analitis. Sebagaimana yang disebutkan Hasan Basri, bahwa system pendidikan agama Islam merupakan integralitas antara unsure-unsur berikut:

  1. Integralitas unsure ilahiyah, alamiah, dan insaniyah
  2. Integralitas antara hati, akal, dan pancaindera sebagai alat pendeteksi kebenaran.
  3. Integralitas antara ilmu pengetahuan, hidayah dan sumber ilmu pengetahuan.
  1. d.      Pendidikan Agama Islam menurut epistemologi Islam

Muhammad Abid al-Jabiri membagi epistemologi ilmu keislaman menjadi tiga, yaitu:

1)      Epistemologi bayani

Yakni, menyingkap makna dari suatu pembicaraan serta menjelaskan secara terinci hal-hal yang tersembunyi dari pembicaraan tersebut kepada taklif (orang yang terbebani hukum). Epistemologi ini menjadikan teks sebagai rujukan pokok dalam membangun konsepsi tentang alam semesta untuk memperkuat akidah Islam.

Dalam memahami teks ini, segala potensi akal dikerahkan untuk mendapatkan pengetahuan maupun kebenaran, yang kemudian dikenal dengan istilah ijtihad. Adapun dalam mengimplementasikannya melalui metode qiyas (analogi) dan istinbat (penetapan kesimpulan)

2)      Epistemologi Irfani

Yakni pengalaman atau pengetahuan langsung dengan objek pengetahuan (ma’rifat). Epistemology ini mulai dikenal seiring berkembangnya doktrin ma’rifat yang diyakini sebagai pengetahuan batin, terutama tentang Tuhan.

Karena sumber ilmunya berasal dari pengalaman, maka metode yang digunakan adalah penghayatan intuitif, sedangkan teknik yang digunakan adalah riyadhoh. Adapun validitas kebenaran hasil pengetahuannya sulit untuk diukur menggunakan akal, karena pengalaman atau perasaan sangat subjektif. Oleh karena itu melalui simpati, empati, memahami orang lain, perlu dikedepankan untuk mengukur validitas kebenaran pengetahuan tersebut. Adapun akal hanya bersifat partisipatif.

3)      Epistemologi Burhani

Epistemologi ini menyatakan bahwa sumber atau asal pengetahuan adalah realitas, baik realitas alam, social, maupun kemanusiaan dan keagamaan. Pengetahuan burhani diperoleh melalui proses abstraksi dan pengamatan inderawi yang sahih. Tujuannya adalah mencari sebab dan musabab. Ukuran validitas hasil pengetahuan burhani adalah korespondensi yaitu kesesuaian antar rumus yang diciptakan manusia dengan hokum-hukum alam, koherensi yakni keruntutan dan keteraturan berpikir logis.[11]

Jika Pendidikan Agama Islam diurai menjadi empat mata pelajaran, yakni Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, dan SKI, maka bisa ditentukan epistemology mana yang mendominasi antar sub-mata pelajaran tersebut.

Qur’an Hadits lebih menekankan pada epistemology bayani, karena pembahasannya terpusat pada penafsiran teks al-Qur’an dan Hadits. Sementara Akidah Akhlak akan lebih didominasi pengetahuan Irfani, karena memfokuskan pada pengalaman intuisi berupa keyakinan dan pengalaman psikologi berupa sikap.

Adapun Fiqih akan berimbang antara epistemology bayani dan burhani, karena selain menyangkut pengkajian teks dalil yang menjadi bahasan ushul fiqih, juga mempertimbangkan pengetahuan social yang menyangkut korespondensi dan koherensi dengan kondisi social kemasyarakatan. Demikian pula Sejarah Kebudayaan Islam, akan didominasi kedua epistemology tersebut, karena sejarah Islam selain ditelisik dari teks-teks naqli (asbabun nuzul/ wurud), juga membutuhkan kesesuaian antara pengalaman inderawi dengan teks-teks kesejarahan (baik dalam hal kronologi dan periodisasi).

III. SIMPULAN

Pendidikan Agama Islam merupakan ilmu yang mempelajari ajaran-ajaran agama Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Sunnah dan berupaya meningkatkan potensi manusia dalam menjalani kehidupannya sebagai hamba dan makhluk social. Pendidikan Agama Islam mencakup empat sub mata pelajaran, yaitu Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak dan SKI. Masing-masing sub mata pelajaran memiliki karakteristik epistemology maupun metodologi, namun masih kesatuan utuh sebagai pendidikan agama Islam. Epistemology dan metodologi pendidikan Islam dalam perspektif Barat dan Timur (Islam), meliputi: rasional (bayan), empiric (burhan), intuitif (irfan), dan hermeneutic (ta’wil).

Pendidikan Agama Islam memiliki sumber pengetahuan yang berupa teks keagamaan maupun hasil pemikiran para ulama. Sumber tersebut adalah al-Qur’an, Sunnah, Atsar dan Ijma’ Sahabat, dan Ijtihad para ulama. Selain sebagai sumber pengetahuan, keempatnya juga digunakan untuk mengukur validitas kebenaran suatu pengetahuan.

DAFTAR PUSTAKA

Mujtahid, Epistemologi dan Metodologi Pendidikan Islam, http://www.uin-malang.ac.id/, diakses pada tanggal 11 April 2012

Mujamil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam. Erlangga: Jakarta. 2005.

M.Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1993,

Ulya, FIlsafat Ilmu Pengetahuan, STAIN Press, Kudus, 2011.

M.Solly Lubis, Filsafat Ilmu dan Pendidikan, Bandung : Mandar Maju, 1994,

Jujun S. Suriasumantri. Ilmu dalam Perspektif. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta. 2006.

Hasan Basri, FIlsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia, Bandung, 2009,

Noeng Muhadjir, Filsafat Ilmu Telaah Sistematis Fungsional Komperatif, Yogyakarta : Rake Sarasin, 1998.

M.Arkoun, Membedah Pemikiran Islam, diterjemahkan oleh Hidayatullah, Bandung : Pustaka, 2000,

 


[1] Mujtahid, Epistemologi dan Metodologi Pendidikan Islam, http://www.uin-malang.ac.id/, diakses pada tanggal 11 April 2012

[2] Mujamil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam. Erlangga: Jakarta. 2005. h. 4

[3] M.Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1993, h.15.

[4] Hasan Basri, FIlsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia, Bandung, 2009, h 19

[5] Ibid, h 149

[6] Noeng Muhadjir, Filsafat Ilmu Telaah Sistematis Fungsional Komperatif, Yogyakarta : Rake Sarasin, 1998. h 85

[7] M.Arkoun, Membedah Pemikiran Islam, diterjemahkan oleh Hidayatullah, Bandung : Pustaka, 2000, h.234.

[8] Jujun S. Suriasumantri. Ilmu dalam Perspektif. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta. 2006. h. 100

[9] Mujamil, Op.Cit. h 59

[10] M.Solly Lubis, Filsafat Ilmu dan Pendidikan, Bandung : Mandar Maju, 1994, h.12-14.

[11] Ulya, FIlsafat Ilmu Pengetahuan, STAIN Press, Kudus, 2011. h 120-126

_____________________________________________________________________________

Disusun Guna Memenuhi Tugas

Mata Kuliah: Filsafat Ilmu

DosenPengampu : Dr.Ah.Kahar Utsman, M.Pd (Alm.)

Tinggalkan komentar